4 Lagu Ini Pernah Haram Diputar di Indonesia, Jika Nekat Bakal Dipenjara



Musik adalah hal yang sangat universal. Pesan dari musik bahkan bisa membuat pemerintah berkuasa berang. Hal ini juga terjadi di Indonesia yang mencekal beberapa lagu untuk diputar dengan ancaman penjara bagi yang melanggarnya.

1.Beatles

Lagu band Inggris Beatles pernah dilarang oleh Presiden Soekarno. Presiden pertama Indonesia ini menganggap ada budaya kolonialisme yang ditularkan dari syair-syair lagu John Lennon dkk ini.

Band legendaris Koes Plus kena getahnya. Beberapa personil mereka dipenjara lantaran nekat menyanyikan lagu ini di atas panggung.

2. Gelas-gelas Kaca

Lagu dari penyanyi Nia Daniati berjudul Gelas-gelas Kaca pernah dilarang oleh pemerintah lantaran dianggap terlalu cengeng.

Oleh Menteri Penerangan saat itu, Harmoko lagu ini dilarang diputar dimanapun termasuk oleh TVRI dan RRI.

3. Mbak Tini

Iwan Fals adalah sosok musisi Tanah Air yang sangat kritis, Banyak karyanya mengkritisi tentang kinerja pemerintah yang tak pro dengan rakyat.

Hal ini ia terjemahkan lewat lagu. Walhasil banyak lagu Iwan Fals yang dicekal oleh Orde Baru yang dikenal anti kritik. Sebut saja ada lagu dia yang dicekal yaitu Mbak Tini dan Pak Tua yang diasosiasikan ke Ibu Tin dan mantan Presiden Soeharto.

4. Genjer-genjer

Lagu Genjer-genjer sejatinya adalah lagu rakyat yang populer era 60-an. Namun lagu yang diciptakan oleh seniman asal Banyuwangi, Muhammad Arief, pada tahun 1940-an ini banyak dinyanyikan oleh simpatisan partai terlarang, PKI. Akibatnya hingga saat ini lagu ini dilarang untuk diputar.

sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen