Siapa Sebenarnya Habib Luthfi Pekalongan? Yang Sering di Sebut Paku nya Pulau Jawa Itu

Siapa Sebenarnya Habib Luthfi Pekalongan? Yang Sering di Sebut Paku nya Pulau Jawa Itu


Rumah Informasi - Di tengah situasi bangsa di tahun politik seperti saat ini, perlu sekali memberikan ruang yang seluas-luas nya bagi para ulama yang ceramahnya selalu menyejukan, penuh tawaduk dan tak merendahkan orang lain. salah satu diantaranya adalah sosok ulama dari Jawa Tengah, Habib Luthfi bin Yahya.


Seperti dilansir dari Kumparan.com (24/10/2018), Habib Luthfi merupakan ulama kelahiran Pekalongan Jawa Tengah 10 November 1947. Gelar Habib yang di sandang beliau bukan gelar Habib-Habiban, Ibu beliau merupakan seorang sarifah (Keturunan Nabi Muhammad), tak hanya ibunya, Ayah Habib Luthfi pun yakni Habib Ali Yahya juga merupakan keturunan nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan salah satu anggota di jajaran Ulama Syuriah Nahdhatul Ulama, beliau juga ketua MUI Jateng.


Habib Luthfi mendapatkan ilmu agama dari banyak sekali guru. Ceramahnya selalu dengan intonasi rendah, selalu menyerukan persatuan, dan hampir tidak pernah kita temui ceramah beliau yang menyerempet politik untuk mengarahkan jamaahnya agar memilih calon-calon tertentu.



Dilansir dari nu.or.id (24/10/2018), Tak hanya sebagai pendakwah, Habib Luthfi juga mendirikan 7 cabang Pesantren. Nama-nama Pesantren yang Habib Luthfi dirikan antara lain, Al-Anisyiyah di Sukoharjo, Al Barokah di Solo, Darul Muhibbin di Klaten, Untaian Bintang Sembilan di Karanganyar, Darul Yatama di Kabupaten Pekalongan dan Darul Ulum di Cirebon, dan Ponpes Sunan Gunung Jati Semarang.

Ada banyak istilah di dunia Pesantren, salah satunya Paku. Paku merupakan alat yang biasa untuk menyatukan sesuatu, maka tak heran jika seorang santri yang akan boyong (Pulang kerumah dan tak kembali lagi mondok), maka mereka sering di pesan oleh gurunya agar mampu menjadi Paku di masyarakat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen