Inilah Daftar 10 Mata Uang Terendah di Dunia 2018, Indonesia urutan ke berapa?




Kabar mengenai pelemahan Rupiah memang sering didengar dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun, akhir-akhir ini topik ini menjadi sorotan lantaran nilainya yang dikabarkan merupakan yang terburuk sejak krisis moneter 98. Kalau kita mau menengok sedikit ke belakang, kurs Rupiah sejak stabil hingga sekarang belum pernah mengalami penguatan yang signifikan, bahkan nilai tukarnya terhadap Dollar Amerika terus saja melemah. Pelan tapi pasti. Selain Indonesia negara-negara lain juga mengalami hal yang sama. Berikut negara-negara yang nilai tukar mata uangnya paling rendah:

10. Guarani, Paraguay

Negara yang terletak di Amerika Selatan ini juga memiliki mata uang yang masuk kategori lemah, meskipun cukup stabil. Negara yang tidak memiliki garis pantai ini Nilai Tukar mata uangnya dengan Dolar AS mencapai 5,826.80 PYG/$AS.

9. Som, Uzbekistan

Negara bekas bagian Uni Soviet ini menjadi yang terburuk di kawasan Asia tengah dan negara-negara bekas bagian Uni Soviet lainnya. Nilai Tukar mata uangnya dengan Dolar AS sudah mencapai 7,827.60 UZS/$ AS. Uzbekistan adalah salah satu negara yang juga mengalami hal yang sama dengan Indonesia.

8. Kip, Laos

Negara yang juga merupakan Anggota ASEAN ini mengalami fluktuasi nilai tukar yang cukup stabil. Nilai tukar Kip, mata uang Laos sekarang menacapai 8,522.15 LAK/$AS.

7. Leone, Sierra Leone



Negara kecil di Afrika barat dengan nama Ibu kota Free town ini juga cukup stabil sejak kemerdekaannya dari Britania raya. Nilai Tukar mata uangnya dengan Dolar AS (US$1) adalah 8,700.00 SLL/ Dollar AS.

6. Franc, Guine

Negara yabg terletak di Afrika barat ini tidak mebgalami oerubahan yang berarti di beberapa tahun terakhir. Nilai Tukarnya dengan Dolar AS (US$1) adalah 9,048.95 GNF/$AS.

5. Rupiah Indonesia


Kemudian yang paling ditunggu-tunggu, negeri tercinta kita. 2018 sepertinya menjadi tahun yang buruk bagi indonesia. Di awal tahun nilai tukar kita terhadap Dollar AS berada di sekitaran 13.000. Tetapi di semi akhir tahun saja nilai tukar Rupiah sudah mencapai 14,969.95 IDR/$ AS.

4. Dobra, Sao Tome


Negara yang cukup Asing di kawasan Afrika tengah ini terus bergulat dengan gempuran Dollar. Sekarang saja Nilai Tukar dengan Dolar AS (US$1) = 21.050 STD

3. Dong, Vietnam

Negara ASEAN dengan populasi sekitar 84 juta jiwa ini masih betah di posisi ini sejak bertahun-bertahun. Nilai Tukar mata uangnya dengan Dolar AS (US$1) sudah mencapai 23,314.00 VND/$AS.

2. Rial, Iran

Negara yang selama ini selalu berada posisi "puncak" akhirnya bisa naik ke posisi runner up. Negara yang dulunya merupakan pusat kerajaan Persia yang tersohor. Sejarahnya sebagai bangsa yang dominan, menyaingi bangsa Roma dan Mongol tidak membuat negara ini kuat secara pandangan Ekonomi. Nilai Tukarnya dengan Dolar AS (US$1) tercatat sudah mencapai 42,105.00 IRR/$AS. Hal ini juga disebabkan karena Perseteruan menahunnya dengan Arab Saudi hingga angsi nuklir Amerika hingga anggapan bahwa Iran merupakan negara pelindung Teroris.

1. Bolivar, Venezuella

Secara mengejutkan negara yang terletak di Amerika Selatan ini mengalami krisis terburuk sepanjang sejarah negara nya. Padahal negara ini dikenal dengan negara kaya raya dikarenakan cadangan minyaknya. Masyarakat disana juga mengalami tingkat kesejahteraan yang cukup tinggi di beberapa dekade terakhir. Sekarang nilai tukar mata uangnya sudah mencapai 248,520.00/$AS. Salah satu Penyebabnya adalah negara ini terlalu mengandalkan bidang ekspor minyak sehingga bidang lain seperti pertanian dan ternak yang populer di negara-negara Amerika selatan lainnya justru tidak dikirik sama sekali.

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen