Terkuak, Ternyata Patung Liberty Adalah Wanita Muslimah



Smithsonian.com (15/5/2018) Sebuah fakta yang tidak diketahui tentang Lady Liberty rupanya memiliki twist yang sedikit menarik. Menurut The Daily Beast’s, patung itu sendiri awalnya dimaksudkan untuk mewakili seorang petani perempuan Mesir, sebagai Colossus of Rhodes dalam Era Industri. Hal ini mungkin mengejutkan bagi orang-orang yang menganggap akar budaya patung ini lebih mendekati Prancis dibandingkan dengan Arab.


Perancang patung Frederic-Auguste Bartholdi yang juga merupakan orang Prancis menemukan inspirasi pembuatan patung di tempat yang sangat berbeda, di Mesir pada tahun 1855, ketika ia mengunjungi kuil Abu Simbel di Nubia, yang menampilkan makam yang dijaga figur raksasa.

Bartholdi terpesona oleh arsitektur tersebut, dan membayangkan monumen kolosal yang menampilkan seorang wanita berjubah mewakili Mesir di Port Said, kota yang berada di ujung utara kanal di Mesir. Sebagai persiapan untuk usaha ini, Bartholdi bahkan belajar seni seperti Colossus dan menamakan konsep itu sebagai Libertas, menurut Barry Moreno seorang penulis beberapa buku tentang patung.



“Menggambil bentuk seorang wanita petani berkerudung, patung itu berdiri setinggi 86 kaki dan alasnya mencapai 48 kaki. Model awal dari patung ini disebut Mesir Membawa Cahaya Ke Asia” tulis Moreno.

Edwar Berenson, penulis Patung Liberty : A Translatlantic Story mengatakan konsep Bartholdi yang bermetamorfosis dari wanita raksasa atau petani Arab menjadi dewi kolosal raksasa, disebabakan Mesir yang telah berinvestasi banyak uang dan waktu ke dalam proyek kanal tenggara tidak begitu antusias dengan gagasan Barthodli. Isma’il Pasha, khedive yang berkuasa menolak rencana itu karena terlalu mahal.

Akhirnya mercusur setinggi 180 kaki di pasang di Port Said, tetapi Bartholdi tak berkecil hati. Ia akhirnya mengubah konsep itu menjadi Liberty Enlightening the World, nama resmi untuk patung yang dibangun menghadap New York Harbor.


Setelah semua struktur patung selesai dirancang Alexandre-Gustave Eiffel, Lady Liberty dihadiahkan kepada Amerika Serikat oleh Prancis, sebagai penanda seratus tahun aliansi dua negara yang dibentuk selama Revolusi Prancis.

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen