Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?


Tahukah Anda negara mana yang memiliki populasi etnis Cina terbesar di dunia (yang tinggal di luar Cina)?

Warga keturunan Cina memang dikenal ada di mana-mana, di Amerika, Kanada, Malaysia, Thailand hingga Indonesia. Ya, warga Cina memang suka merantau bahkan menetap di negara perantauan tersebut.

Lantas, berapa populasi etnis Cina di Indonesia?

Berdasarkan data terakhir, lebih dari 7,6 juta jiwa etnis Cina bermukim di Indonesia. Hal ini juga menandakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan etnis Cina terbesar di dunia yang berada di luar Cina, seperti yang dilansir di katadata.co.id (29/01/19).


Berikut lima provinsi dengan populasi etnis Cina terbanyak di Indonesia:

DKI Jakarta sebanyak 632.372 jiwa, Kalimantan Barat 358.451 jiwa, Sumatera Utara 340.320 jiwa, Jawa Barat 254.920 jiwa dan Jawa Timur 244.393, seperti yang dilansir di netralnews.com (29/01/19).

Kita juga bisa mengatakan suku Cina di Indonesia berada di peringkat ke-3 setelah suku Jawa dan Sunda.


Adapun negara dengan etnis Cina terbesar kedua di dunia (yang berada di luar Cina) adalah Thailand dengan populasi 7,1 juta jiwa. Malaysia berada di posisi ke-3 dengan populasi 6,4 juta jiwa. Keempat Amerika Serikat sebanyak 3,5 juta jiwa. Disusul Singapura menduduki posisi ke-5 dengan populasi 2,8 juta jiwa, seperti yang dilansir di katadata.co.id (29/01/19).

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen