Masih Muda Tapi Ubanan? Pasti Gara - Gara Kamu Doyan Ini


Rambut putih atau uban memang sangat identik dengan orang tua. Hal ini disebabkan oleh berubahnya tekstur rambut sejalan dengan bertambahnya usia, sama halnya dengan kulit. Selain itu, uban juga bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Meskipun identik dengan orang tua, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa orang dengan usia muda bisa beruban juga, lho!

Untuk mencegah uban di usia muda, kamu bisa melakukan berbagai hal termasuk dengan pola hidup sehat. Selain itu, 8 makanan ini juga bisa jadi penyebab ubanmu. Apa saja?

1. Gula

Gula ternyata merupakan salah satu penyebab munculnya uban di usia muda. Hal ini karena gula menguras magnesium dan vitamin E pada darah saat proses pencernaannya. Sedangkan magnesium dan vitamin E merupakan unsur yang dibutuhkan untuk pigmentasi rambut.

Meskipun demikian, penggunaan gula sulit untuk dihindari karena bagaimana pun makanan ini tetap dibutuhkan oleh tubuh.

2. Pemanis atau Pewarna Buatan

Kalau yang satu ini memang terkenal tidak baik juga bagi kesehatan, ya. Selain merusak tubuh, ternyata pemanis dan pewarna buatan merupakan salah satu faktor penyebab uban.

Hal ini karena dua bahan tersebut terbukti menghancurkan mitokondria dan merusak sel.

3. Minuman Bersoda


Minuman bersoda merupakan kombinasi dari gula, pemanis buatan dan pewarna buatan. Efeknya untuk memunculkan uban sudah tidak diragukan lagi kan bila seperti itu?

Lebih parahnya lagi, kandungan gula pada soda ternyata sangat tinggi, yaitu mencapai 10 sendok teh.

4. Daging


Daging dengan protein tinggi tentu bagus bagi tubuh. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memunculkan uban lebih dini.

Hal ini karena tubuh manusia tidak dapat mencerta protein hewani yang berlebihan. Selain uban, hal ini juga bisa menyebabkan asam urat.

Baca Juga: Senam Wajah Sederhana Agar Kulit Bebas Keriput. Yuk Coba!

5. Garam

Garam memang merupakan salah satu bahan makanan yang lazim dikonsumsi sekaligus dibutuhkan oleh tubuh.

Namun tahukah kamu jika garam yang berlebihan dapat menyebabkan autoimun? Hal ini lah yang kemudian dapat menimbulkan munculnya uban secara prematur.

6. MSG


MSG atau Monosodium Glutamat merupakan bahan yang dapat membuat makan menjadi lebih lezat. Penggunaannya yang sesuai takaran mampu membuatmu mengurangi konsumsi garam.

Namun jika dikonsumsi terus-menerus, MSG dapat mengurangi produksi melanin yang berfungsi sebagai pemberi warna pada rambut.

7. Kafein

Seperti yang sudah diketahui, banyak orang yang tidak mudah lepas dari kafein. Selain rasa yang enak dan dapat menunjang pekerjaan, nampaknya kafein yang ada banyak di kopi ini juga sudah menjadi gaya hidup.

Kabar buruknya, mengonsumsi kafein membuat seseorang menjadi kekurangan magnesium yang membuatnya terancam beruban.

8. Gorengan, Makanan Pedas, dan Makanan Asam yang Memicu Dehidrasi


Kamu sebaiknya mengurangi atau menghindari makanan-makanan yang membuatmu menjadi dehidrasi. Hal ini karena dehidrasi menyebabkan kelembapan tubuh berkurang. Akibatnya, asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut terhambat.

Nah, itu dia 8 makanan yang bisa membuat uban muncul secara prematur pada orang-orang di usia muda. Jika kamu tidak ingin hal tersebut terjadi padamu, sebaiknya kamu kurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.

Selain itu, menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat dan teratur juga bisa membuatmu mengurangi risiko rambut putih agar tidak muncul di usia muda.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen