TNI Kembangkan Senjata Canggih Mematikan Ini! Nomor 3 Bisa Membumi Hanguskan OPM!


Alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang canggih dan mutakhir wajib dimiliki oleh suatu negara untuk menghadapi ancaman-ancaman pada perang modern. Kemandirian dalam menciptakan alutsista yang mumpuni otomatis akan mendongkrak daya tawar dan daya gentar suatu negara di hadapan negara lainnya. Hal inilah yang nampaknya ingin dicapai negara kita, Indonesia yang sedang gencar-gencarnya membangun kekuatan dan persenjatannya.

Untuk meraih hal tersebut, TNI menggandeng beberapa mitra seperti perusahaan-perusahaan lokal maupun universitas dalam negeri untuk menghasilkan persenjataan canggih, namun tetap cocok dengan karakter bertempur TNI. Berikut admin rangkum bebeapa persenjataan canggih yang tengah dikembangkan TNI saat ini.

1. SMML



TNI Angkatan Darat lewat Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD (Dislitbangad) tengah mengembangkan senjata mesin multi laras (SMML) kaliber 7,62 mm. Senjata ini mampu menyemburkan 3.000 peluru dalam satu menit. Senjata mesin ini juga mampu menjangkau sasaran yang berjarak hingga 1.600 meter dan memiliki jarak efektif 600 meter. Penelitian dan pembuatan prototip senjata ini dilakukan bersama dengan perusahaan BUMN, yakni PT. Pindad.

2. Laser Gun


Sejak 2004 silam, Indonesia telah mulai mengembangkan laser gun yang sangat berguna dalam latihan dan simulasi menembak. Senjata ini sangat berguna dalam membidik senapan. Sinar laser yang dipancarkan dari laser gun dibuat sedemikian rupa sehingga akan sama persis dengan tembakan peluru. Kehadiran senjata ini akan meningkatkan akurasi tembakan secara signifikan dan menghemat peluru. Senjata ini dikembangkan oleh TNI bersama dengan Universitas Surya.

3. Super Drone


TNI Angkatan Darat juga mengembangkan pesawat tanpa awak canggih bernama Super Drone. Drone canggih yang juga dikembangkan bersama Universitas Surya ini mampu terbang dengan durasi waktu cukup lama yakni 6-9 jam. Drone ini masih dalam tahap pengembangan dan rencananya tangki bahan bakar yang berada di sisi sayap utama akan diganti dengan persenjataan canggih seperti rudal berdaya ledak tinggi. Drone ini juga dibekali kamera thermal atau padangan inframerah, sehingga mampu beroperasi di malam hari.

Super Drone ini sangat cocok digunakan di medan tempur ekstrim seperti di Papua untuk membabat kelompok separatis OPM. Pesenjataan jarak jauh serta daya jelajahnya yang tinggi akan membuat kinerja TNI dalam melacak dan memetakan kekuatan OPM di hutan Papua akan jauh lebih mudah dan efektif.

4. Corner Shot


Senjata yang memiliki kamampuan khusus ini dirancang untuk dipakai oleh pasukan khusus TNI. Seperti namanya, senjata ini mampu menghantam sasaran yang berada di sisi kiri atau kanan penembaknya karena larasnya mampu digeser hingga sudut 60 derajat. Pada ujung laras juga dilengkapi dengan kamera untuk membidik musuh, sehingga posisi penembak tetap tersembunyi dan tak terlihat oleh musuh. Namun salah satu kelemahan dari senjata ini adalah baterai untuk menghidupkan kameralah yang kurang mampu bertahan lama.

Inovasi-inovasi seperti diatas harus dikembangkan secara terus menerus oleh Indonesia untuk mencapai kemandirian. Sebab, kemampuan tempur tinggi para prajurit TNI ditopang dengan alutsista canggih yang mumpuni buatan lokal, pasti akan membuat negara lain lebih menghormati kedaulatan negeri ini! kamu setuju?

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen