Pedulikan Kesehatanmu! Tingkatkan Kualitas Tidur Dengan Cara & Makan Ini


Jika kita mencoba untuk menghindari makan pada malam hari, mungkin sering mendengar beberapa saran seperti matikan layar (televisi atau ponsel) pada malam hari, hindari kafein, dan mematikan lampu kamar.

Tapi ada sebuah penelitian kecil terbaru dari American Academy of Sleep Medicine yang menawarkan beberapa saran tentang apa yang harus dimakan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Makanan yang mengandung serat tinggi dan rendah lemak jenuh dikatakan sebagai makanan yang dapat memberikan kualitas tidur yang lebih baik. 

Penelitian yang dipimpin oleh seorang profesor dari Colombia University Medical Center, mempelajari sebanyak 26 orang dewasa dan melihat pola tidur mereka selama lima malam.

Selama mereka diamati selama sembilan jam , para peserta rata-rata memiliki waktu tidur selama tujuh setengah jam pada setiap malamnya.

Hindari Konsumsi Alkohol 

Efek dari alcohol terkadang menipu tubuh anda, karena mungkin alkholol membuat anda tidur lebih cepat, namun ditengah waktu tidur tersebut, para peneliti memperlihatkan bahwa mereka yang mengkonsumsi alcohol justru cenderung akan lebih sering terbangun secara mendadak, berkeringat dingin di malam hari, mengalami sakit kepala hingga seringnya mengalami mimpi buruk. Sehingga tak heran, jika mereka yang tertidur karena mengkonsumsi alcohol kerap mengigau tak jelas.

Singkirkan Makanan Dengan Kandungan Lemak Tinggi Menu-menu makanan seperti junk-food, gorengan atau makanan lain dengan kandungan lemak yang tinggi tidak hanya membahayakan bagi kesehatan anda, namun juga peneliti menjelaskan mereka yang gemar mengkonsumsi makanan jenis ini ternyata sering sekali mengalami gangguan tidur salah satunya kesulitan tidur.

Konsumsi Makanan yang Kaya Asam Amino Triptofan 

Asam amino triptofan adalah asam amino yang dapat membantu tubuh anda agar tidur lebih cepat
Kandungan asam amino ini bisa anda dapatkan dari buah pisang, float, madu dan juga susu.

Penelitian lain menemukan asam amino triptofan mampu meningkatkan kualitas tidur anda dengan tidur lebih pulas. Untuk itu, jika ingin tidur anda lebih berkualitas mulailah biasakan mengkonsumsi segelas susu dimalam hari saat anda hendak tidur.

Stop Makan Besar 4 Jam Sebelum Tidur

Berbaring setelah anda makan akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman karena kondisi lambung yang masih penuh.

Untuk itu, berikan kesempatan lambung anda untuk mencerna apa yang telah anda konsumsi.
Selain itu, tidur setelah makan mampu menurunkan kualitas tidur.
Dan sebaiknya, hindari pula konsumsi makanan pedas saat malam hari, agar tidak terjadi gangguan pencernaan saat anda tengah tertidur yang dapat mengganggu tidur anda.

Jangan Konsumsi Air Putih Terlalu Berlebihan

Bukan karena akan berdampak buruk bagi tubuh anda.
Akan tetapi dengan mengkonsumsi air putih secara berlebihan akan membuat perut anda terasa penuh dan kembung. Dari sinilah gangguan tidur dikhawatirkan terjadi karena anda harus terus menerus pergi ke toilet.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen