Salah Kaprah! Fungsi Asli dari Bagian Warna Biru di Penghapus Ini Bukan untuk Menghapus Pulpen, Lalu?


Bila Anda berurusan dengan ATK (alat tulis kantor) pasti tidak lepas dengan yang namanya penghapus. Biasanya penhapus digunakan sebagai alat untuk menghapus kesalahan-kesalahan saat menulis/menggambar menggunakan pensil.

Semenjak Anda kecil, pastinya pernah menggunakan penghapus legendaris dua warna : merah dan biru. Semua orang percaya bahwa warna biru di penghapus itu memiliki fungsi yang berbeda dengan warna merah. Semua orang kala itu sepakat warna merah berfungsi untuk menghapus coretan menggunakan pensil, sedangkan coretan pulpen bisa dihapus oleh bagian birunya.

Fakta yang terjadi, ketika kita menghapus pulpen menggunakan penghapus bagian biru, bukannya coretan pulpen hilang, tetapi kertas malah lecet dan rusak. Sebenarnya fungsi penghapus bagian warna biru tidak jauh berbeda dengan bagian merah -- sama-sama menghapus pensil.

Bagian biru pada penghapus ini ternyata difungsikan untuk menghapus coretan pensil yang ditulis pada kertas yang kasar/agak kasar. Jika kita menggunakan warna merah untuk menghapus coretan pensil di permukaan kertas kasar, perlu kekuatan lebih agar bisa terhapus.

Nah, itulah fungsi penghapus legendaris ini. Apakah Anda baru tahu atau memang sudah tahu dari dulu?

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen