Ternyata Kerajaan Tertua di Dunia ada di Nusantara, Begini Penampakannya!



Di tanah Nusantara telah berdiri sebuah kerajaan besar yang cukup megah. Tentu bukanlah Kerajaan Kutai yang berada di Kalimantan. Sebab Kutai berdiri pada aba ke-4, dan itu jauh lebih tua dari pada kerajaan-kerajaan yang sudah lebih eksis di Yunani dan Mesir kuno. Lalu kerajaan apakah itu?

Adalah Kerajaan Kandis, yang berdiri di kawasan Sumatra. Meski banyak pihak meyakini kalau kerajaan Kandis yang tertua di dunia, namun para peneliti masih meragukan keberadaan kerajaan ini. Keraguan ini terjadi karena penelitian dan jejak sejarah dari kerajaan ini masih belum banyak dilakukan.

Kendati belum ada yang mengetahui secara pasti kapan sebenarnya kerajaan ini berdiri, namun dari beberapa sumber yang dihimpun, kerajaan Kandis diyakini merupakan sebuah kerajaan yang sangat indah dan megah, berdiri di kawasan Lubuk Candi atau lebih tepatnya di pinggiran Sungai Batang Kuantan. Kerajaan ini berdiri sendiri dan tidak didukung oleh kekuatan lain.


Namun, karena kerap terjadi peperangan dengan masyarakat Jambi, Kerajaan Kandis pun runtuh. Meskipun sudah runtuh, di wilayah yang sama berdiri sebuah kerajaan baru yang bernama Kuantan. Kerajaan ini muncul menggantikan Kandis.

Tidak ada sumber yang secara detil menggambarkan bagaimana sistem pemerintahan dari Kandis dan Kuantan. Demikian juga masa berakhirnya kerajaan ini masih menjadi misteri. Namun satu yang jelas, saat terjadi transisi dari Kandis ke Kuantan, ibu kota kerajaan berpindah tempat dari dari Padang Candi ke Sintuo yang kini lokasinya berada di seberang Koto Taluk Kuantan.

Kerajaan ini dipercaya memiliki wilayah kekuasaan yang meliputi hulu Batang Kuantan hingga ke Cereti. Wilayah ini terus berkembang menjadi kawasan pertanian yang subur sebelum akhirnya hilang begitu saja akibat sebab yang belum diketahui.

Sejarah Kerajaan Kandis semakin runyam setelah munculnya spekulasi bahwa Kandis merupakan Atlantis yang telah hilang itu. Atau keduanya hanya memiliki kemiripan saja dari bentuk istana dan juga kehilangannya yang sangat misterius sehingga tidak bisa ditemukan hingga sekarang.


Bentuk kerajaan Atlantis dan Kandis melingkar dengan bagian tengah merupakan pusat dan di sekelilingnya terdapat saluran air. Banyak yang percaya jika kerajaan Kandis merupakan istana kerajaan yang hingga kini masih ada. Namun istana itu tertutup oleh hutan, sehingga sulit ditemukan dengan mudah.

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen