Di Balik Kasus Bakar Diri Sekeluarga di Sukabumi, 6 Fakta Terungkap. No 6 Gak Nyangka Sama Sekali



Kebakaran rumah yang terjadi di Desa Cikembar, Sukabumi Rabu (20/2) dini hari menewaskan satu keluarga, Jamal (37), Iis Sumiati (28), dan anak mereka, Ayu (10). Jenazah ayah dan ibu ditemukan berpelukan, dan diduga mereka terjebak di kamar tidur.

1. Diduga Aksi Bunuh Diri yang Dilakukan Sang Ayah


Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi jasad korban kebakaran di Kampung Sukasirna RT 003/ RW 13, Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto: Ruslan AG.
Dari hasil penelusuran sementara polisi, kebakaran ini diduga disengaja. Dari penemuan polisi di TKP dan penuturan saksi, sang ayah alias Jamal sengaja membakar rumah yang kemudian menewaskan istri dan anaknya. Dugaan sementara polisi yang menyebut ini merupakan bunuh diri.


Selain itu, polisi juga membeberkan hasil olah TKP yang menyebutkan ada bau bensin di tubuh jenazah, sehingga disinyalir korban bunuh diri dengan menyiram bensin dan membakar diri.

2. Suami Sering Ancam Bunuh Diri di Depan Istri

Menurut penuturan saksi, pasangan Jamal dan Iis sering bertengkar dan penyebabnya adalah harta warisan milik Iis. Jamal juga sering mengancam akan bunuh diri di depan Iis. Saksi menyebut Jamal datang ke rumah korban tengah malam, dan selang sejam setelahnya kebakaran itu terjadi.

3. Ayah Korban Ungkap Jamal Dililit Utang


Dari hasil penelusuran polisi, ditemukan dugaan sementara penyebab bunuh diri sekeluarga ini. Saksi menyebutkan bahwa aksi ini dipicu oleh Jamal yang terlilit utang, sehingga nekat menghabisi hidup dan mengajak istri serta anaknya.

4. Warga Tolak Korban Dimakamkan di Sukabumi


Buntut dari aksi bakar diri sekeluarga ini, warga Desa Cikembar menolak jenazah Jamal untuk dimakamkan di kampungnya. Penolakan ini disebabkan masyarakat geram dengan aksi Jamal yang membakar rumahnya dan mengakibatkan keluarganya ikut tewas.

5. Akhirnya, Korban Dimakamkan di Depok

Jenazah Jamal akhirnya dimakamkan di Depok, daerah asal Jamal. Jenazah sudah dibawa pulang ke Depok oleh keluarganya setelah dilakukan autopsi di Rumah Sakit Sekarwangi, Cibadak.

6. Polisi Ungkap Hasil Otopsi, Sudah Tewas Sebelum Kebakaran

Berdasarkan hasil penyelidikan polisi, ditemukan fakta terbaru dari kasus ini. Polisi menyebut ada kelainan di leher Iis, yaitu adanya patah tulang, sehingga polisi menyimpulkan korban sudah meninggal sebelum kebakaran.

Kenapa Orang Nekat Bunuh Diri Sekeluarga?


Aksi bakar diri sekeluarga bukan kali ini saja terjadi. Beberapa bulan lalu, seorang ayah di Palembang juga menembak keluarga dan dirinya akibat masalah ekonomi. Psikolog Aully Grashinta mengatakan orang yang mengalami tekanan terus menerus bisa memilih untuk mengakhiri hidupnya. Rasa bersalah pada orang lain membuat mereka ‘mengajak’ orang terdekat untuk meninggal bersama.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen