Memilukan! Di Kota Ini Banyak PNS yang Jadi Koruptor, Jumlahnya Fantastis


Indonesian Corruption Watch (ICW) menyebut DKI Jakarta menjadi provinsi yang paling banyak menelurkan PNS korup.  Dalam setahun ada 52 PNS DKI yang terlibat kasus korupsi.

"Daerah paling banyak PNS korupsinya di DKI Jakarta," kata Staf Investigasi ICW, Wana Alamsyah di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta Pusat, Rabu, 20 Februari 2019.

ICW Mencatat ada 52 PNS Koruptor di DKI Jakarta. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak, jika dibandingkan dengan provinsi lain seperti Jawa Barat dengan 24 PNS dan Banten 17 PNS.

Selain itu ICW juga mencatat Kementrian Perhubungan menjadi lembaga yang miliki PNS korupsi terbanyak, dengan jumlah16 orang diikuti oleh Kementrian Agama sebanyak 14 orang.

"Ini kondisi yang memprihatikan. PNS yang seharusnya melayani publik, malah mencoba melakukan korupsi," kata Wana.

Dia mengatakan, dari 2010 hingga 2018 aktor korupsi paling banyak datang dari PNS. Setidaknya 350 PNS terjerat korupsi setiap tahunnya.

"Ini adalah awal dari advokasi kita untuk PNS koruptor. Selanjutnya kami akan ke Mahkamah Agung, terakir kami akan ke Kemendagri untuk mendesak, agar PNS bermasalah dengan korupsi ini segera dilakukan proses pemecatan," pungkasnya.

ICW mencatat, PNS koruptor yang masih bekerja menimbulkan kerugian negara sebesar Rp72 miliar per tahun. ICW menyebut, hingga saat ini ada 1.466 PNS koruptor yang masih menerima gaji.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen