Pernah Alami Mimpi Aneh? Ini Penyebabnya


Pernahkah dalam suatu mimpi Anda seakan-akan menjadi seekor ikan yang berenang di lautan bebas atau mungkin pernah bermimpi jadi manusia yang bisa terbang seperti burung? Mimpi-mimpi aneh di dalam tidur ternyata ada pemicunya.

Menurut dokter Andreas Prasadja, RPSGT, dari rumah sakit Mitra Kemayoran, mimpi dihasilkan pada tahap Rapid Eye Movement (REM). Alasan mengapa seringkali mimpi di luar nalar rasional dikarenakan mimpi merupakan produk ingatan yang direkam oleh otak.

Menurut dia, otak akan mengambil memori yang tersimpan secara acak dalam fase tersebut. "Ya, memang mekanismenya adalah otak akan mengambil memori secara acak, jadi kita bisa mimpi makan buku, misalnya," jelas Ade.

Namun demikian, secara alami Anda masih bisa memaknai mimpi tersebut dengan perasaan. “Tapi muatan emosinya nyata. Kita kalau mimpi seram kan bisa sampai bangun karena takut, kalau mimpinya indah kita senyum-senyum sendiri, kalau sedih kita bisa bangun-bangun dan menangis," tambah dia.

Selain itu, mengalami mimpi yang aneh dapat juga dipengaruhi akibat konsumsi obat-obatan, misal konsumsi suplemen melatonin secara klinis terbukti menyebabkan orang mengalami mimpi yang aneh.

Menurut praktisi fisik dan kepala staf medis dari Well&Being spa and resort, Tieraona Low Dog, M.D, konsumsi suplemen melatonin memang bisa membuat tubuh cepat memasuki fase istirahat.

“Saya menemukan bahwa melatonin memang baik untuk membuat Anda mengantuk dan tertidur. Namun, sebaiknya diminum dua jam sebelum jadwal tidur.”

Ia melarang konsumsi minuman keras jika ingin mendapat tidur yang nyenyak. “Minum alkohol dapat membuat orang tertidur dengan cepat, tetapi lalu bangun di tengah malam dan kesulitan melanjutkan tidur. Sebaliknya meminum suplemen kalsium atau magnesium akan membuat tubuh Anda lebih santai dan tidur lebih nyenyak," ujar dia.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sleep and Hypnosis, menemukan bahwa mahasiswa, terutama wanita yang menggunakan 6 miligram melatonin sebelum tidur, lebih cenderung mendapatkan mimpi aneh dibandingkan dengan mereka yang menggunakan pil plasebo.

Selain itu, bagi Anda yang terbiasa konsumsi obat anti stres juga harus waspada saat ingin menurunkan dosis atau menghentikan penggunaan. Hal ini dikarenakan dapat memengaruhi mimpi seperti dinukil dari Harvard Health Express.

Kondisi tersebut cenderung terjadi karena obat anti stres bekerja dengan mengubah kadar neurotransmiter atau pembawa pesan kimiawi yang ada di otak Anda. Menghentikan obat-obatan ini dapat mempengaruhi bagaimana perilaku neurotransmiter sehingga dapat menghasilkan mimpi aneh atau mimpi yang mengganggu.

Seorang psikolog masalah tidur, dokter Michael Breus mengklaim bahwa kesehatan fisikorang bisa mempengaruhi 25 hingga 30 persen mimpi mereka. Gangguan hormon juga bisa jadi penyebab sehingga tidak jarang ibu hamil atau perempuan yang sedang mengalami siklus menstruasi juga mengalami mimpi-mimpi yang aneh.

Biasanya, mimpi aneh akan mudah kita lupakan sesaat setelah kita bangun. Namun, bagi yang merasa kesulitan dan terganggu dengan mimpi tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Anda bisa mempraktekkan terapi latihan pencitraan. Perawatan ini sering digunakan untuk orang yang mengalami mimpi yang cenderung aneh, terutama mimpi buruk sebagai akibat dari trauma.

Terapi ini dilakukan dengan seorang profesional perawatan kesehatan jiwa dengan tujuan mengubah akhir mimpi buruk dan aneh yang Anda ingat ketika Anda bangun, sehingga tidak lagi mengganggu.

Cara lain dengan mengikuti kelas seni. Ini salah satu bentuk terapi yang baik untuk meredakan ketegangan dan mengusir kecemasan berlebih yang dialami sesorang. Jika anda merasa tidak punya bakat seni, jangan khawatir, terapi ini tidak melihat seberapa bagus karya Anda.

“Saat Anda melukis, maka otak akan bekerja mengumpulkan kepingan ingatan dan pengalaman yang terhubung ke hipotalamus," ujar praktisi terapi seni, Monty P. Satiadarma dinukil Jakarta Post.

Hipotalamus adalah area penting otak penghubung endokrin dan sistem saraf yang membantu mengendalikan kelenjar pituitari, khususnya sebagai respons terhadap stres.

Menurut Monty, seni visual memicu proses asosiasi antara ingatan dan emosi dan nilai-nilai yang diyakini seseorang.

Bagi mimpi aneh dan buruk yang disebabkan oleh trauma masa lalu, cara pengobatan yang paling tepat adalah dengan bantuan psikolog.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen