Hindari Kematian! Begini Pertolongan Pertama Pada Orang Yang Terserang Angin Duduk


Angina atau lebih dikenal dengan arti ‘angin duduk’ ialah salah satu gangguan jantung dengan rasa sesak, nyeri, sampai terbakar pada dada. Sering juga diikuti rasa sakit menjalar sampai tenggorokan, lengan sampai punggung.

Diambil dari St John Ambulance, ketika menemui orang dengan gejala sama, dianjurkan untuk tetap tenang serta segera hubungi dokter. Lalu, lakukan beberapa langkah pertolongan pertama berikut:

1. Bantu pasien mendapatkan posisi yang nyaman

Posisi yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan duduk dan menyenderkan punggung pasien pada bantal. Kemudian lipat kaki dan ganjal antara betis dan paha dengan bantal.

2. Berikan obat

Tanyakan apa ia mempunyai obat khusus untuk angina yang ia miliki. Bila dia memilikinya, tanyakan mengenai obat itu serta bantu dia untuk mengonsumsinya. Bila tidak, berikan dia satu butir aspirin akan tetapi pastikan juga ia tidak mempunyai alergi.

3. Beristirahat

Ajak pasien untuk beristirahat saat menunggu bantuan medis. Akan tetapi ingat, selalu awasi respons dari orang yang terkena angin duduk. Bila level responsnya menurun, lakukan CPR (Cardiopulmonary Resusication) dengan langkah-langkah ini:

– Tekan dada dengan posisi dua tangan menumpuk
– Lakukan sebanyak 30 kali tanpa mengangkat tangan dari dada. Tekan dada sedalam 5-6 cm setiap kali melakukan kompresi.
– Bila tidak mendapatkan respon, lakukan napas buatan.

Sumber


Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen