Luhut Panjaitan Jadi Menteri Paling Kaya Karena Kerajaan Bisnisnya Ini


Siapa yang tidak mengenal Luhut Binsar Panjaitan? Ya, inilah salah satu menteri terkaya dengan harta Rp 660.097.217.368. Harta Luhut dalam bentuk giro dan setara kas mencapai USD 1.672.019, dan dalam bentuk piutan USD 190.000.

Luhut juga dikenal sebagai pebisnis sukses. Dia memiliki saham sebesar 99,98 persen PT Toba Sejahtera.

PT Toba Sejahtera ternyata memiliki ‘anak dan cucu’ usaha. Penasaran? Berikut bisnis-bisnis besar Luhut Panjaitan, seperti yang dilansir di bisnis.com (22/02/19).

1. Toba Coal Mining


Toba Coal Mining merupakan salah satu anak usaha sari PT Toba Sejahtera. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara ini pun memiliki lima anak, di antaranya PT Toba Bara Sejahtera Tbk (TOBA), PT Admira Baratama Nusantara, PT Indomining, PT Trisensa Mineral Utama dan PT Kutai Energi.

PT Kutai Energi adalah perusahaan terbesar dari seluruh anak Toba Coal Mining, yakni berdiri di atas tanah 6.932 hektar, di Kalimantan Timur.

2. Toba Oil dan Gas


Toba Oil dan Gas memiliki dua anak, yakni PT Energi Mineral Langgeng dan PT Fairfield Indonesia. Sesuai dengan namanya, perusahaan ini bergerak di bidang minyak dan gas.

3. Toba Power


Toba Power memiliki dua anak, yakni PT Pusaka Jaya Palu Power dan PT Kartanegara Energi Perkasa. Kedua perusahaan itu bergerak di bidang pembangkit listrik.

PT Pusaka Jaya Palu Power menjadi perusahaan swasta pertama di Indonesia yang berhasil membangun pembangkit listrik tenaga uap.

4. Toba Perkebunan dan Kehutanan


Toba Perkebunan dan Kehutanan memiliki tiga anak, di antaranya PT Perkebunan Kaltim Utama I yang berdiri di atas tanah 8.633 hektar, PT Tritunggal Sentra Buana yang berdiri di atas tanah 12.000 hektar dan PT Admira Lestari 52.100 hektar.

5. Toba Industri


Toba Industri mempunyai tiga anak, yakni PT Smartias Indo Gemilang yang bergerak pada bidang listrik, PT Rakabu Sejahtera bergerak di bidang furnitur olahan kayu dan PT Kabil Citranusa bergerak di bidang kebutuhan industri gas dan minyak.

6. Toba Property and Infrastructure


PT Toba Pengembang Sejahtera merupakan satu-satunya anak dari Toba Property and Infrastructure. Sesuai dengan namanya, bisnis yang memiliki luas lahan sebesar 1,7 hektar ini bergerak di bidang pengembangan infrastruktur.

Demikian bisnis-bisnis besar Luhut Panjaitan, seperti yang dilansir di bisnis.com (22/02/19). Bagaimana menurut Anda? Semoga artikel ini bisa memberi wawasan baru untuk Anda.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen