Menguras Emosi! Ini 4 Perilaku Amien Rais yang Tak Banyak Orang Tahu, No 1 Gak Nyangka


Sepak terjang sosok politikus gaek sekaligus pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais tak dipungkiri cukup menuai perhatian di dunia perpolitikan di Tanah Air.

Beragam pernyataannya kerap kali menghiasi media massa. Tak jarang, kutipan maupun ucapannya dinilai publik menohok dan menuai kontroversi.

Namun di balik sosoknya yang keras dan vokal, Amien Rais menyimpan banyak sisi yang jarang diketahui publik. Sisi lain itu tidak seperti yang diperlihatkan di depan media, dan tak pelak membuat emosi publik tersentuh.

Sisi lain itu kerap diperlihatkan sang putri, Hanum Salsabiela Rais melalui akun media sosialnya. Seperti dirangkum Suara.com, berikut perilaku Amien Rais yang jarang diekspose ke publik:

1. Adab puasa Daud 40 tahun

Ternyata, selama 40 tahun, Amien Rais menunaikan puasa Daud--lazimnya diseling, sehari berpuasa dan dan tidak. Hal itu dibeberkan melalui akun jejaring sosial Twitter milik Hanum Rais, @hanumrais.

"Adab Puasa Dawud Pak Amien. Sudah 40 tahun. Tak bisa menghindar saat dipersilahkan pertama kali untuk santap siang, agar yang lain tidak rikuh pakewuh (tidak enakan--RED), inilah yang sering dilakukan Pak AR. Setelah itu cari kamar kecil yang jauh:) Awas hati-hati kalau deket-deket Pak AR lagi puasa, kena deh:)," cuit Hanum Rais.

Diunggah pula ketika Amien Rais mengambilkan makanan prasmanan. Namun, setelah itu, makanan dalam piring itu malah diberikan kepada orang lain.

Dan Amien Rais, benar kata Hanum Rais, dia ngacir untuk mencari toilet meninggalkan orang-orang yang sedang menyantap makanan tersebut.

2. Zikir ketika Hanum melahirkan

Ada sebuah foto dan tulisan mengharukan yang diunggah Hanum Rais di akun jejaring sosial Instagram @hanumrais pada 2 Juni 2017 silam.

Foto tersebut memperlihatkan sosok Amien Rais yang sudah menua duduk sendirian di depan meja. Dia tertunduk sambil memegang sesuatu di kedua belah tangannya.

Menurut Hanum Rais, Amien Rais tengah berzikir ketika menunggu dirinya melahirkan buah hati. Dia pun menuliskan caption mengharukan di unggahannya berikut ini:

Bapak tampak tidak suka dengan kelemahan iman saya ini.

Ia kemudian duduk menghadap saya, "Num lihat ya rumah sakit ini. Lihat baik-baik. Ruangan-ruangannya, nursing station-nya, semuanya."

Saya memandang sekelebat, tapi masih tak paham apa maksud bapak.

Saya masih menangis meratapi janin 11 minggu yang barusan dimakamkan.

Nduk, kamu keguguran itu memang sebuah kesedihan, tapi lihatlah kabar baiknya: kamu bisa HAMIL! Setelah sekian tahun tanpa ada hasil! Kamu punya benih! Bahkan bisa simpan 3 embrio yang bisa digunakan lagi. Allah memberi kabar baik: kamu wanita yang bisa hamil. Bukan manusia yang disebut di dalam Al Quran yang memang ditakdirkan Allah tidak diberi benih. Tinggal masalah waktu kamu harus terus mencoba."

Mataku yang sembab seketika sedikit melebar.

Ada keberkahan yang luput dari kacamataku. Yang bisa dibaca Bapak.

"Nduk, ingat suatu saat nanti! Ingat! Bapak akan menggeledek kamu melewati ruangan-ruangan RS ini, melewati nursing station ini, dengan kamu tersenyum mendekap seorang bayi. Bapak yakin. InsyaAllah. Pulang dari RS ambil wudhu, salat, zikir, ngaji dan jangan lupa sedekahnya dikuatkan. It's just a matter of time you will have a baby."

Sekian tahun berikutnya, meski di RS yang berbeda, saya mendekap Sarahza dengan Bapak mendorong saya di kursi roda.

@rangga_alma pernah bilang kepada saya, setelah Sarahza lahir.

"Num, kadang aku berpikir ekstrem ya mungkin kita berdua ini kan bukan orang yang saleh-saleh amat. Ngadepin hidup sering naik turun kadar imannya, bahkan sering suuzon sama yang di atas, mungkin doa kita selama ini tidak dikabulkan sama Allah. Tapi, Allah mengabulkan doa Bapak untuk kita karena ia orang saleh."

Itulah Amien Rais.

Dia akan hadapi tudingan yang dialamatkan padanya itu dengan bersyukur dan tanpa sedikitpun rasa keder.

Karena, ia berperisai keyakinan bahwa Allah selalu bersama hamba-Nya yang berserah diri.

3. Nasi sambel dan tempe penyet

Hanum Rais mengucapkan ulang tahun perkawinan emas orangtuanya. Dia pun menyelipkan sedikit wawancara wartawan kepada Amien Rais.

Ketika itu ditanya bagaimana merayakan kawin emas, Amien Rais pun menjawab bersahaja, dia hanya bersyukur saja dengan menyantap nasi sambal dan tempe penyet buatan istrinya dan berkumpul dengan keluarga.

"Ditanya sama wartawan, Pak Amien dan Bu Amien merayakan Kawin Emas dengan apa? Alhamdulilaah dengan bersyukur saja lewat maem nasi sambel dan tempe penyet bikinan Bu Kus Rais. Lalu kumpul sama anak cucu dan bercerita tentang indahnya menikah: “Indahnya menikah itu ketika kalian semua bisa berhenti membandingkan dengan apapun, siapapun, gimanapun sejak detik pertama ijab qabul. InsyaAllah menikah tak sekedar indah dalam fiksi namun pula realita,” tulis Hanum Rais.

Dia juga mengunggah foto Amien Rais dengan istrinya masa kini dan ketika awal menikah dulu.

4. Family man

Amien Rais ternyata seorang family man. Hal ini diakui oleh Hanum Rais ketika mengunggah foto sang ayah berkumpul bersama cucu-cucu.

Dalam foto itu, terlihat Amien Rais tersenyum sumringah di antara kumpulan cucu-cucunya yang tengah bermain. Amien Rais duduk di kursi.

Ada pula foto ketika Amien Rais tengah memetik buah bersama cucu dan memberi makan rusa-rusa. Ada pula foto ketika Amien Rais menggendong erat cucunya.

"Foto Akhir Tahun 2018 yang spesial. Karena Mbah @amienraisofficial meminta waktu foto bersama seluruh cucunda nya. Di luar perpolitikan keumatan dan kebangsaan yang bersifat makro, dalam lingkup mikro keluarga, @amienraisofficial is such a truly family man. Terimakasih Mbah Amien yang sudah menyelenggarakan foto bersama cucu dan menemani berkebun Sarahza dan sepupu-sepupunya," tulis Hanum Rais.


Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen