WASPADA! Ditemukan Gunung Raksasa Berdiameter 50 Km di Bawah Perairan Laut Sumatera


Lautan memiliki rahasia yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang di daratan, untuk melihatnya harus penuh penelitian yang besar dan ditunjang dengan teknologi memadai. Indonesia yang merupakan wilayah kepulauan dan memiliki luas lautan lebih besar dibanding dengan daratan membuat Indonesia sangat menyimpan hal yang perlu diungkap.

Indonesia juga merupakan wilayah yang masuk dalam lingkaran Ring of Fire, atau lingkaran gunung berapi. Bencana alam akhir-akhir ini juga tidak terlepas dari aktivitas gunung-gunung di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, yang membuat ngeri kita semua ialah telah ditemukan gunung api raksasa di bawah perairan barat Sumatera. Gunung tersebut ditemukan oleh tim dari gabungan pakar geologi Indonesia, Amerika Serikat dan Perancis, sebagaimana dilansir dari www.sindonews.com (30/12/2018).


Diketahui para ahli geologi tersebut dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGG Veritas dan Intitute de Physique du Globe Paris.


Sementara ukuran gunung api yang berada tepat 330 km arah kota Bengkulu tersebut memiliki ukuran diameter 50 km dan tinggi 4.600 meter dengan kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut.

"Gunung ini api ini sangat tinggi dan besar jika di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Jayawijaya Papua," papar Yusuf Surachman yang merupakan Direktur Pusat Teknologi Inventarisasi Sumber Daya Alam.


Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen