Menyayat Hati, Tsunami Selat Sunda, Kisah Nenek Miah Mencari Uang Rp 100 Ribu di Reruntuhan




Jamiah, 60 tahun, tampak membolak-balik puing-puing reruntuhan bekas rumahnya di pesisir Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, Senin pagi, 24 Desember 2018.

Tempat tinggalnya luluh-lantak akibat gelombang tsunami Selat Sunda pada Sabtu malam, 22 Desember 2018.

"Saya sedang mencari benda berharga satu-satunya," kata Jamiah yang ditemui Tempo di bekas kediamannya, RT 15 RW 08, Sumur, Pandeglang, Banten.


Ia terlihat bingung. Rumahnya yang berdinding kayu dan anyaman bambu itu rata dengan tanah.
Jamiah pun hampir tak mengenali lagi rupa rumahnya. Di petak rumah yang ia ingat sebagai lokasi kamar, ia membongkar reruntuhan dan memunguti baju-bajunya. Setelah itu, berkali-kali ia mengambil-buang belasan baju yang tersangkut di kayu dan merogoh kantong-kantong dalam pakaian tersebut.

"Saya cari uang Rp 100 ribu, enggak ketemu-ketemu," katanya.

Menurut Miah, biasa disapa, duit itu adalah satu-satunya barang yang bakal selamat. Perempuan yang bekerja sebagai buruh cuci itu banyak menaruh harap pada sebuah baju di lemari yang sudah bobrok tertimpa pohon kelapa.

"Saya ingat, saya taruh di baju. Tapi saya lupa bajunya," katanya, menambahkan.

Uang itu rencananya bakal ia pakai untuk membeli mi instan atau biskuit di warung.

Miah berkisah, ia hidup mandiri. Anaknya meninggal sedari bayi. Sedangkan suaminya, nelayan, sudah lama meninggal. Ia meyakini duit hasil kerja sebagai buruh itu bisa digunakan untuk menghidupi dirinya sembari menunggu bantuan.

Bersama Miah, ratusan warga di Kecamatan Sumur mengaku kesulitan makan. Wilayah mereka terisolasi lantaran jalan putus. Menurut pantauan Tempo di lokasi, relawan dan aparatur gabungan TNI serta Polri baru mulai menjangkau wilayah ini semalam, Ahad, 23 Desember. Itu pun, fokus para petugas adalah mengevakuasi warga yang masih hilang.

Selama dua hari bertahan pasca-tsunami, Miah dan tetangganya saling berbagi makanan.

Selama d2 hari bertahan pasca-tsunami, Miah dan tetangganya saling berbagi makanan. Mereka juga memunguti mi-mi instan yang terabar di antara puing-puing bangunan.

Miah selamat dari gulungan ombak. Saat itu, ia tak sedang berada di rumah. "Saya sedang di rumah saudara jauh, bukan di wilayah ini," katanya.

Ia yakin dirinya bakal menjadi salah satu korban apabila malam saat kejadian berada di rumahnya. Sebab, rumahnya hanya berjarak 300 meter dari bibir pantai.

Tetangga Miah, Onong Rohayati berkisah, orang-orang di sekitar rumahnya berlari menyelamatkan diri ke bukit saat terjadi tsunami. Onong mengungkapkan ombak sempat menyapu tubuhnya. Namun, secara tak sadar, ia terus berlari menjauhi pantai dan melawan gulungan ombak setinggi lebih-kurang 2 meter itu.

Onong, Miah, dan warga Sumur lainnya, kini turun-naik bukit. Mereka tinggal di hutan kalau malam. Belum tampak tenda-tenda pengungsian di kawasan itu. Bantuan logistik pun belum tampak rata menyentuh.

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

Gak Nyangka! 6 Pelawak Ternama Ini Ternyata Beragama Kristen