Punya Harta Triliunan Rupiah, Tajirnya 4 Pendukung Prabowo Ini


Selain perdebatan dua pasang capres-cawapres, Pemilu 2019 juga diramaikan para pendukung masing-masing pasangan calon. Para pendukung ini berasal dari kalangan orang kaya raya, seperti pendukung Prabowo Subianto.

Sebelumnya, MoneySmart udah membahas siapa aja orang-orang tajir yang jadi pendukung Jokowi – Ma’ruf.

Kali ini, biar berimbang dan terasa lengkap, MoneySmart mau membahas para pendukung Prabowo yang juga berasal dari kalangan orang kaya.

Harus diakui, dana memainkan peran penting dalam kampanye politik. Ketersediaan logistik menjadi faktor penting kehadiran massa saat kampanye. Karena itu, adanya dukungan dari orang-orang kaya sangat membantu dalam kampanye politik.

Lantas, siapa aja orang-orang tajir yang secara resmi menyatakan diri jadi pendukung Prabowo? Yuk, simak di sini:

1. Hashim Djojohadikusumo – Rp 12 triliun


Wajar aja kalau Hashim Djojohadikusumo jadi pendukung Prabowo. Pasalnya, dia adalah adik kandung Prabowo Subianto.

Hashim juga dikenal sebagai sosok pengusaha tajir sekaligus politikus. Majalah Forbes mengungkapkan, anak dari ekonom Sumitro Djojohadikusumo itu merupakan pemilik Arsari Group.

Grup bisnis yang dikelolanya tersebut bermain di sektor perkebunan kelapa sawit, pulp dan kertas, pertambangan, logistik, dan layanan kargo. Dari bisnisnya tersebut, kekayaan Hashim dilaporkan mencapai US$ 850 juta atau sekitar Rp 12 triliun.

2. Sandiaga Uno – Rp 6,5 triliun


Namanya makin populer saat ini. Nama Sandiaga Uno santer terdengar saat maju sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan hingga akhirnya terpilih sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Orang kaya di balik kesuksesan Saratoga Investama Sedaya ini meninggalkan kursi Wakil Gubernur DKI, dan maju sebagai pendukung Prabowo sekaligus mendampinginya sebagai calon Wakil Presiden.

Sepanjang kariernya, pemilik nama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno ini menjadi pemilik saham perusahaan-perusahaan besar. Mulai dari Adaro Energy, Mitra Pinasthika Mustika, Provident Agro, hingga Medco Power Indonesia.

Kiprahnya di dunia bisnis berhasil membawa dirinya menjadi salah satu orang tajir di Indonesia. Diungkap Majalah Forbes, kekayaan yang dimiliki Sandiaga mencapai US$ 460 juta atau Rp 6,5 triliun.

3. Tommy Soeharto – Rp 13 triliun


Pendukung Prabowo Subianto berikutnya adalah, salah satu putera mantan Presiden Soeharto, yaitu Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Sosok yang satu ini dikenal sebagai pengusaha sejak zaman Presiden Soeharto.

Tommy diketahui menjadi salah satu pemilik Grup Humpuss. Grup bisnisnya tersebut bergerak di banyak sektor yang meliputi transportasi, shipping, energi, investasi, hingga properti.

Dulunya Grup Humpuss menjadi produsen mobil nasional di era 1990-an. Saat itu, perusahaan Tommy meluncurkan mobil sedan yang dinamakan Timor lewat PT Timor Putra Nasional.

Kini kabarnya Tommy Soeharto aktif kembali di dunia politik dengan mendirikan Partai Berkarya. Gak cuma itu, Tommy juga menghidupkan kembali supermarket grosir Goro. Kekayaan Tommy disebut-sebut mencapai US$ 670 juta atau Rp 13 triliun.

4. Siti Hardijanti Rukmana – Rp 2,8 triliun


Selain Tommy, anak mantan Presiden Soeharto lainnya juga memberi dukungan kepada Prabowo Subianto, yaitu Siti Hardijanti Rukmana.

Anak pertama keluarga Soeharto ini selain pernah menjabat Menteri Sosial di era Pemerintahan Presiden Soeharto, turut aktif menjadi pengusaha. Wanita yang akrab disapa Mbak Tutut ini merupakan pemilik dari Citra Lamtoro Gung Persada.

Sektor-sektor bisnis yang digarap Citra Lamtoro Gung Persada meliputi konstruksi, perdagangan, pertanian sampai kerajinan tangan. Bersumber dari Globe Asia, kekayaan Mbak Tutut mencapai US$ 205 juta atau setara Rp 2,8 triliun.

Nah, itu tadi deretan orang tajir yang jadi pendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu 2019. Dukungan mereka emang penting dalam masa-masa kampanye sekarang ini.

Meski begitu, semua kembali ke masyarakat sendiri siapa yang pantas jadi Presiden. Bukannya pantas menurut orang-orang kaya ya!

Comments

Popular posts from this blog

Berikut Negara Dengan Populasi Etnis Cina Terbesar Di Dunia! Indonesia Termasuk?

Widyawati Buka-bukaan Tentang Rahasia Awet Muda

4 Jenis Khodam Paling Sakti Di Indonesia, Nomor 4 Paling Banyak Dicari Konglomerat Indonesia